Martha Stewart, Kebun Yang Nyaman

Rumah jadi nyaman dengan tanaman
Beberapa selebriti sengaja menanami halaman rumahnya dengan berbagai bunga, buah, sayuran dan tanaman herbal. Perancangan dilakukan sebagai taman sekaligus untuk memenuhi sebagian kebutuhan memasaknya.

Bahkan ada yang memanfaatkan wadah yang tak terpakai atau bekas untuk menumbuhkan tanaman tersebut seperti yang dilakukan oleh Martha Stewart. Kepiawaianya dalam berkebun membuatnya dijuluki sebagai tukang kebun selebriti.

Pasalnya, kegiatan yang disukainya ketika masih kecil ini menjadi hobi yang memberikan banyak kesenangan dan menjadi lahan usahanya. Ia juga mendedikasikan sebagai pengajar untuk orang lain yang ingin berkebun. 

Stewart telah banyak membuat kebun-kebun silibriti lain yang memanfaatkan pengetahuannya tentang berkebun di rumah. ”Saya hanya memanfaatkan pengetahuan dengan baik, dan selalu ingin membuat kebun yang juga berfungsi sebagai bahan baku makanan di dapur sepenuhnya meski lahannya kecil,” katanya.

Di rumah Cantitoe Corners-nya di New York, Martha Stewart juga menyulap beberapa sudut halaman rumahnya menjadi kebun sayur. Pemeran Martha Stewart (dirinya sendiri) dalam Film Bad Moms ini juga telah menyulap areal seluas 90 kaki (27 meter persegi) ini menjadi lahan pertanian. 

Berbagai sayuran, kangkung, kubis, kol, brokoli, tomat, labu, bawang merah, beberapa jenis selada, dan kentang di tanamnya secara organik. Martha Stewart sangat bergairah jika berdiskusi dan membuat kebun. Di kalangan selebriti sepertinya keahlian Martha Stewart ini kemungkinan besar tidak ada yang bisa mendandinginya dan bisa mengenal kebun sayuran sebaik dirinya.

Sayuran  kebun sendiri 
lebih bagus
Foto-foto : Istimewa
Mantan model, tokoh bisnis, penulis, tokoh televisi, mewarisi hasratnya berkebun dari almarhum ayahnya. Saat itu usia Martha Stewart 4 tahun kerap membantu ayahnya di halaman belakang keluarga. Pengalaman ini terus dipupuknya hingga sudah menjadi model dan pelaku perfilman.

“Tidak sekadar mebantu di kebun saja, tapi juga merawat taman bunga dan juga membuat masakan dari hasil kebun belakang rumah,” ceritanya. Sangat menyenangkan, tambahnya, karena berkebun telah memberikan banyak manfaat ketika sudah dewasa, bisa membuat kebun sendiri dan mengambil hasilnya untuk keluarga. 

Ia menyarankan, langkah membuat kebun dihalaman rumah juga harus mengetahui dulu untuk apa kebun tersebut dibuat. Untuk taman bunga, kebun sayur, atau hanya sebagai penghias halaman belaka. ”Itu yang paling penting di ketahui setiap orang yang ingin memiliki rumah dengan sebuah kebun yang nyaman,” jelasnya.

Jangan hanya gengsi dan mengikuti trend saja membuat taman atau kebun sayur di rumah sebab akan merepotkan pemiliknya. 

Tri Mardi Rasa


No comments: