Cara Mudah Panjang Umur (2)


Berkebun cara mudah awet muda
Sebuah peelitian yang di lakukan oleh Dan Buettner menenmukan fakta berkebun menjadi cara paling mudah agar orang bisa awet muda dan panjang umur.

Dengan kegiatan fisik ringan di kebun dan sering dilakukan bisa membuat hidup lebih lama. Penelitian Dan Buttner terbukti pada tukang kebun yang memiliki hidup lebih lama dan jarang stres. Hal tersebut dikarenakan berkebun memberikan manfaat pada kesehatan fisik dan mental atau tidak mengalami stress.
Berkebun bisa perpanjang usia
Beberapa fakta yang terungkap dari manfaat berkebun yang bisa memperpanjang usia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda pada anak sekolah menyebutkan, kelompok siswa yang belajar di ruang kelas memiliki suasana hati lebih ketimbang siswa yang berkebun di luar ruangan. Selain itu, siswa yang berkebun memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.


Temuan fakta dari peneliti Australia, seorang pria dan wanita usia 60-an yang suka berkebun memiliki risiko 36 % lebih rendah menderita demensia. Merasakan sinar matahari, udara segar, melihat tanaman tertata rapi dan dikerjakan sendiri, membantu mereka merasa lebih tenang. 

Berkebun hindarkan penyakit
Warna warni bunga, daun dan tekstur tanaman di taman bisa meningkatkan kemampuan visual mereka dengan baik. Sehingga benar adanya, berkebun mampu meningkatkan kualitas hidup di saat lansia (lanjut usia).

Universitas Harvard telah melakukan penelitian pada orang-orang yang dikelilingi tanaman hijau yang subur akan hidup lebih lama dan rendah risiko terkena kanker atau penyakit pernafasan. Sedangkan seorang dokter di Skotlandia menganjurkan jalan di alam terbuka melihat keindahan alam bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk mengurangi tekanan darah dan kecemasan, serta meningkatkan kebahagiaan.

Tri Mardi Rasa





No comments: