Cara Mudah Panjang Umur, Bugar dan Awet Muda (1)


Berkebun menjadi cara mudah untuk tetap bugar, panjang umur dan awet muda.  Kegiatan mengasyikkan ini secara tidak langsung membuat orang berolah raga sehingga tubuh terjaga tetap bugar. Berkebun juga menjadi satu cara yang baik berakhir pekan.



Gerakan dalam berkebun semacama latihan yang melibatkan banyak otot tubuh yang bermanfaat luar biasa. Mencangkul, mengeruk tanah, memangkas tanaman, menanam, menyiangi rumput, memindahkan pot, sebagaian contoh gerakan olah raga ringan. 

Tidak hanya itu saja, kebun di halaman rumah pun menjadi semakin indah dan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi senang, begitu pula dengan pemiliknya. Beberapa gerakan dalam berkebun bisa dipadukan dengan gerakan olahraga. Memontong dan merapikan tanaman

Memanjat pohon dan merapikan cabang atau tanting tanaman yang menjulur tidak karuan menjadi sebuah gerakan olah raga yang bagus. Gerakan ini, membutuhkan kelincahan dan melatih otot tetap kuat.

Memotong rumput dengan mesin dorong atau menyiangi rumput yang ada di sekitar tanaman mampu membakar 200 kalori dalam tubuh dan melatih otot pinggul, lengan, pundak dan tangan lebih lentur serta menjadi lebih kuat.

Beberapa ranting dan daun yang berserakan sebaiknya diambil menggunakan tangan agar bisa melatih otot perut lengan, pundak dan punggung. Kegiatan ini bisa melatih tubuh bagian dan bisa membakar setidaknya 120 kalori dalam waktu 30 menit.

Mengali atau mencangkul untuk lubang tanaman merupakan kegiatan yang cukup berat. Cobalah untuk meluangkan waktu melakukaknya di halaman rumah. Mencangkul juga  menjadi latihan kardio yang terbaik dan penghilang rasa stress. 

Gerakan ini, untuk melatih punggung, lengan, pundak, perut dan otot kaki. Namun, perlu diperhatikan juga kondisi punggung kita dan jangan memaksakan diri jika sering mengalami nyeri punggung.

Menanam atau memindahkan tanaman merupakan gerakan sederhana seperti halnya gerakan squat pada latihan olah raga. Gerakan ini bisa membantu membangun kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Mengangkat lalu memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat lain  Menjadi gerakan yang bisa untuk melatih otot paha, panggul dan bokong yang bisa menguatkan tulang ligament dan tendong di bagian bawah tubuh.

Menyiram tanaman dengan menggunakan gembor merupakan gerakan layaknya olah raga yang bisa mengencangkan otot perut, lengan dan kaki serta menguatkan otot pundak. Membawa gembor dari kran air ke tanaman berefek seperti latihan beban. Kegiatan ini melatih otot trisep, yaitu otot pada lengan atas bagian belakang. Lakukan bergantian dengan menggunakan lengan kiri dan kanan

Hasil Penelitian Pakar 

Seorang peneliti dari Amerika Serikat, Dan Buettner menenmukan fakta berkebun menjadi cara paling mudah agar orang bisa awet muda dan panjang umur. Dengan kegiatan fisik ringan di kebun dan sering dilakukan bisa membuat hidup lebih lama.  Penelitian Dan Buttner terbukti pada tukang kebun yang memiliki hidup lebih lama dan jarang stres. Hal tersebut dikarenakan berkebun memberikan manfaat pada kesehatan fisik dan mental mereka.

Sementara itu, Bradley Willcox, dari Universitas Hawaii yang melakukan penelitian di Kota Okinawa di Jepang menjelaskan, dengan berkebun, setiap orang akan bisa saling berinteraksi dalam berbagai kegiatan. Berinteraksi dengan orang lain dan berinteraksi dengan alam. 

Penelitiannya di Okinawa menyebutkan banyak warga berusia panjang menerapkan konsep yuimaru atau tingkat hubungan sosial yang tinggi. Warga di Okinawa senang bersama-sama ke pasar local untuk membawa hasil panen dari kebun mereka dan saling berbagai pengalaman dan kreasi terbaru dari kebunnya. “Di Okinawa, para lansia mengatakan siapa saja yang tua butuh alasan untuk hidup lebih lama. Berkebun yang akan memberinya sesuatu dan harus dilakukan setiap pagi hari,” katanya.

Bahkan, saat mereka mengonsumsi hasil kebun yang mereka tanaman sendrii akan merasakan sebuah kesenangan dan kebahagiaan. Hal itu pula yang bisa mengubah segalanya termasuk rasa dan kualitas hasil kebun yang lebih beda.

Willcox menanalogikan manfaat berkebu sebagai sebuah keseimbangan sebuah kursi. Aktifitas fisik saat berkebun, berineteraksi dengan sesama, keterlibatan emosional dan pola makan dari hasil kebun sebagai sebuah pilar yang saling berkaitan. Jika salah satunya tidak ada maka keseimbangan itu tidak ada dan bisa mempersingkat harapan hidup.

Sekali lagi dalam berkebun, jangan berlebihan dalam melakukan setiap gerakannya. Sebab Sebab perlu juga memerhatikan kondisi tubuh, apalagi saat tubuh terasa kurang bugar. Perhatikan juga kondisi tanaman, sebab beberapa di antaranya ada yang tidak perlu perawatan setiap hari.

Tri Mardi Rasa

No comments: