Pelajaran Berkebun Bagi Anak


Berkebun bersama anak di akhir pekan memiliki banyak manfaat. Selain bisa merekatkan hubungan antara anak-anak dan orang tua, berkebun juga secara tidak langsung mengajarkan banyak hal pada anak-anak.

Beberapa di antaranya, berkurangnya depresi dan gangguan kecemasan, stres, gangguan suasana hati, peningkatan massa tubuh, serta meningkatnya kualitas hidup. Selain itu merawat tanaman jadi yang baik untuk belajar menjaga dan menghormati makhluk hidup lainnya.

Pelajaran yang diperoleh dalam berkebun bagi anak-anak antara lain :

Bertanggungjawab 



Dengan berkebun, mereka akan berusaha untuk menanam, merawata tanaman hingga berbuah atau berbunga. Hal tersebut akan membuat anak belajar bertanggungjawab pada apa yang mereka sudah lakukan saat berkebun.

Menyelesaikan Pekerjaan 

Pembelajaran lain yang didapat anak-anak saat berkebun adalah bagaimana cara menyelesaikan perkerjaan yang sudah dimulai dengan hasil sesuai harapan.  Dalam hal ini, peran orangtua butuhkan untuk memberi arahan mengapa tanaman harus dirawat hingga bisa dipanen.

Memiliki Kepedulian

Dorongan lain yang secara tidak langsung didapat saat berkebun pada anak-anak adalah memiliki kepedulian yang lebih baik pada lingkungan sekitarnya dibandingkan dengan anak yang tidak berkebun. Kegiatan menyiram, merawat dan memperhatikan pertumbuhan tanaman setiap hari akan mengasah kepedulain mereka.

Kemampuan Motorik Lebih Aktif


Kemampuan motoric anak jauh lebih aktif saat berkebun dibandingkan teman sebayanya yang tidak memiliki kesibukan berkebun. Sebab membuat lubang tanam, mencangkul, mengaruk tanah, menyirami dan menempatkan benih pada lubang tanam menjadikan mereka bergerak lebih aktif.


Kompetensi Meningkat

Gerakan yang dilakukan saat berkebun juga mampu meningkatkan kompetensi anak. Sebab anak-anak terlibat lansung dalam kegiatan pada kehidupan yang nyata yang sebelumnya hanya mereka lihat saja dan hanya dilakukan oleh orang dewasa.

Logika Terasah

Kemampuan logika anak akan semakin terasah dengan apa yang dilihatnya dan mengenal beragam tanaman, perbedaan pertumbuhan setiap tanaman, warna bunga, bentuk bunga dan sebagainya.

Bersosialisai

Jenis tanaman yang berragam dan ditumbuhkan dalan satu areal akan mengajarkan anak mengenal keberagaman dan kesetaraan dalam berssosialisasi.

Oleh karena itu, mendampingi anak saat berkebun dan mengajaknya untuk ngobrol mengenai tanaman akan lebih mengasyikan dan memberikan banyak ilmu pengetahuan.


Tri Mardi Rasa

No comments: