Montagu Denis Wyatt Don Depresi dan Stroke Ringan dengan Terapi Berkebun

Kontak fisik di tanah sembuhkan penyakitnya
Berolahraga, menyegarkan udara sekitar dan mengurangi tingkat stres serta meningkatkan suasana hati bisa dilakukan dengan berkebun.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Montagu Denis Wyatt  Don, seorang penyiar televisi di BBC Chanel, ketika menderita depresi dan mengalami stroke pada 2008 lalu. Berkebun telah membuat hidupnya lebih sehat. "Berkebun telah membantu kesehatan dan kondisi fisik serta kesejahteraan meningkat secara baik,” ungkap pemilik sapaan Monty Don ini.

Kegiatan fisik seperti berjalan keliling kebun, memetik buah dan bunga, memotong ranting dan daun tanaman semakin membuatnya senang, sehingga terhindar dari depresi. “Aktivitas fisik itu, menjadi salah satu hal terbaik dan paling sehat yang dapat dilakukan oleh siapa pun,” kata Pria kelahiran Berlin Barat ini.

Hidup sehat dengan berkebun
Foto-foto : Istimewa
Merawat tanaman seperti memangkas ranting dan daun, membersihkan taman memang butuh banyak perhatian. Tapi semua itu tidak perlu terlalu serius di pikirkan. “Berkonsentrasi bagaimana melakukannya. Yang pasti selama berkebun akan melatih keseimbangan tubuh, pada saat yang sama menyenangkan dan tidak membuat stress,” urai Pasangan dari Sarah Don ini.

Mulanya, tambah Monty, mengawali kegiatan berkebun seperti menggali, membersihkan rumput, membuat tidak bisa tidur nyenya pada malam hari. Bahkan hampir tidak bisa membuatnya berjalan. Kerap pula mengalami luka gores saat berkebun, lutut terasa pegal dan badan terasa capek berlebihan.

Penyakitnya pun mulai berangsur pulih, meski belum sepenuhnya normal. Ia pun sudah bisa menyesuaikan kondisinya untuk berkebun di sekitar rumahnya. Bahkan kerap tidak menggunakan sarung tangan ketika berkebun. 

Ayah dari Adam Don, Freya Don dan Tom Don ini, meyakini dengan melakukan kontak fisik langsung dengan tanah bisa menyembuhkannya penyakit yang dideritanya tersebut. ”Saya lebih suka merasakan sentuhan dengan tanah. Saya menggunakan tangan hanya untuk memangkas mawar yang sangat berduri,” katanya.

Pengalaman itu, dituangkan darlam buku karyanya yang berjudul Down to Earth. Buku yang berisi tentang aspek berkebun tersebut menyisipakan sebuah pesan mengenai rahasia hidup dengan baik melalui berkebun. Ia menyatakan, selama berkebun kesehatan mental dan fisiknya secara keseluruhan mulai membaik 

Tri Mardi Rasa


No comments: